Penjelasan tentang Jurusan Ilmu Komunikasi

2/26/2015

Jurusan Ilmu Komunikasi - Ilmu komunikasi adalah ilmu yang mempelajari tentang tata cara berkomunikasi serta menggunakan berbagai alat komunikasi sebagai saran komunikasi terhadap masyarakat Ilmu komunikasi tidak di peruntukkan bagi orang pendiam atau jarang ngomong ? Itu salah. Karena seperti kita tahu komunikasi bisa lewat lisan dan tulisan jadi pernyataan itu cuman mitos siap pun kamu asal punya minat , niat dan passion di jurusan ini pasti enjoy banget dan asyik.

Kita liat dulu tempat belajar kita , karena kalau sarana atau tempat belajar kita asyik pasti kitanya pun semangat belajarnya seperti halnya jurusan lain seperti FMIPA dan FK memilik Iabotarium sendiri , apabila ita masuk kejurusan ini , kita memiik beberapa labotarium milik kita sebgai sarana pembelajaran seperti Laboratorium Televisi Siaran,Laboratorium Radio ,Laboratorium Fotografi ,Laboratorium Grafika , Laboratorium Computer Mediated Communication ,sLaboratorium Pengelolaan Informasi ,Laboratorium Media and News Room ,Laboratorium Event and Conference.

Ilmu Komunikasi adalah ilmu yang mempelajari tentang komunikasi antar individu dan grup Sarjana Ilmu Komunikasi (S.I.Kom.). Jurusan Ilmu Komunikasi mempunyai 3 Peminatan namun yang sering dan ada di seluruh PTN yaitu bidang jurnalistik , PR (Public Relation) dan yang ketiga berbeda beda tiap PTN. Contohnya :  Seperti di UNPAD Manajemen Komunikasi Dan di UI Komunikasi Media.

Pembelajaran yang kita pelajari sebelum peminatan biasanya hal-hal dasar menyangkut komunikasi seperti halnya di SMA sebelum kita penjurusan ke IPA , IPS , BAHASA kita mempelajari semua dasar dasarnya terlebih dahulu. Seperti cara pengambilan foto dengan benar seperti hunting foto , utak atik alat teknologi komunikasi , cara berbicara didepan umum yang benar , desain visual, dan cara penggunaan komputer dalam kegunaannya sebagai alat komunikasi , kita juga belajar psikologi komunkasi Karena jurusan ini paling netral dibanding jurusan ini secara umum lulusan jurusan ini bisa bekerja sebagai penulis , reporter ,pembawa acara tv , fotografer , desain komunikasi visual , editor gambar dan video , produser ,sutradara , penyiar radio , public relation perusahaan bahkan kita apat bekerja di bank juga .

Di jurusan ilmu komunikasi ini peminatan dilakukan, agar kita lebih di fokuskan pada salah satu bidang , contohnya jurnalisitik , pada peminatan ini lebih menitikberatan pada bidang jurnalisme , baik jurnalistik pada bidang media cetak seperti majalah koran maupun media elektronik seperti radio dan televisi. Pada peminatan ini lebih dalam mempelajari tentang penggunaan teknologi penggunaan teknologi komunikasi dan informasi. Tumbuhnya pertelevisian nasional, surat kabar dan radio, memerlukan tenaga jurnalis yang handal, baik sebagai reporter, announcer, dokumenter, maupun produser pemberitaan. Lalu pada peminatan bidang PR , nah ini cocok banget bagi orang yang senang bicara dimuka umum karena hal yang dipelajari dan lulusan ini lebih banyak bekerja dengan berkomunikasi kepada individu atau masyarakat atau dalam bahasa kesehariannya adalah HuMas. PR dalam sebuah lembaga atau perusahaan sangat diperlukan , kenapa? Karena perencanaan sebuah perusahaan bila tidak sampai pada semua pekerja internal dan eksternal rencana tersebut tidak akan berjalan sesuai rencana apabila informasi tidak sampai secara benar. Pastinya semua Lembaga dan Perusahaan memerlukan sarjana ahli di bidang PR .

Prospek pekerjaannya bagi sarjana lulusan ini adalah sebagai Perkembangan PR Consultant, Event Organizer, dan kebutuhan akan profesi public relations di departemen/perusahaan pemerintah maupun swasta, memerlukan kompetensi praktisi Humas yang mumpuni. Untuk Manajemen Komunikasi dan Komunikasi Media secara umum semuaanya mirip hanya dalam hal yang diperdalaminya saja berbeda . Manajemen komunikasi secara singkat adalah dalam kita memanaj komunikasi . Komunikasi Media Lebih ke Penyiaran dan Broadcasting.

Salam kenal dari saya, seorang blogger pemula dari sumbawa barat. salam kompak untuk sahabat blogger di manapun berada.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Berkomentarlah! EmoticonEmoticon