Referensi Tujuan Wisata Sumbawa

3/21/2014

Referensi Tujuan Wisata Sumbawa 

  • Pantai Batu Gong Pantai Batu gong merupakan pantai dengan pasir putih landai merupakan tempat yang cocok  untuk berenang, terletak 14 km dari sumbawa besar. Tepat di seberang jalan di sebelah pantai terdapat gua arkiologi yang menarik. tempat ini merupakan tempat persembunyian para pemeluk agama hindu yang melarikan diri untuk menghindari pengaruh atau invasi islam sekitar 400 tahun yang lalu. Pada saat ini gua tersebut masih digunakan oleh pemeluk Agama hindu untuk bersembayang. Pada waktu tertentu ketika pasang naik dan angin ribut, terkadang terdengar bunyi atau suara yang menyerupai suara/bunyi gong dari dalam gua di sekitar pantai tersebut.
  • Empang Bagian timur kabupaten sumbawa menawarkan keindahan pemandangan lahan pertanian, perbukitan yang menakjubkan serta dapat ditemukan berbagai hasil pertanian yang yang melimpah sementara pantai dengan lokasi surfing yang bagus dapat ditemukan di pantai bagian selatan kabupaten sumbawa.
  • Pantai lunyuk, pantai lunyuk dengan pasir hitamnya merupakan habitat hewan langka yaitu penyu ridgeback, penyu hijau dan kura-kura raksasa. Pantai ini juga merupakan lahan pertanian rumput laut, ganggang merah dan kuning,lobster dan kerang lola.
  • Semongkat Terletak di batu lereng, di sebelah selatan kabupaten sumbawa besar. Tempat rekreasi ini merupakan tempat yang sempurna apabila anda ingin menghindari panas. Terletak di lereng perbukitan 450 m di atas permukaan laut hembusan aingin segar menikmati keindahan pemandangan alamnya sungguh menyejukkan. Tempat ini dahulu merupakan area pemandian sultan, fasilitas yang tersedia masih berupa penginapan sederhana serta kolam renang yang sudah tua dengan airnya bersumber dari pengunungan.
  • Tepal Sekitar 60km dari sumbawa besar, tempat rekreasi ini merupakan desa tradisional yang terletak di bukit, di atas sungai yang masih mempertahankan kebudayaan asli nenek moyang suku sumbawa. Tepal bisa di capai dari suku semongkat dan desa batu dulang, dengan perjalanan dari batu dulang menuju desa tepal dengan menaiki kuda. Dengan ijin kepala desa setempat anda dapat bermalam di sana, jangan lupa  membawa bekal dan memberi hadiah atau uang sebagai sumbangan buat desa tersebut.
  • Desa Talwa Desa talwa terkenal dengan memiliki penduduk dengan pekerjaan sebagai pandai besi yang sangat banyak, sehingga terkadang di sebut sebagai  "the solingen of sumbawa" talwa terletak di kecematan moyo hulu. Sekitar 15 km ke selatan sumbawa besar. Nenek moyang para penduduk desa ini berasal dari segala penjuru pulau sumbawa. Di kumpulkan di desa ini dengan tujuan untuk membuat senjata tradisional berupa tombak, pedang, golok dan sebagainya untuk memerangi pihak tentara belanda. Sampai saat ini keahlian ini masih terpelihara dan makin berkembang dengan keahlian membuat peralatan berupa cangkul, sekop, kampak, pembajak tanah dan lain-lain.
  • Utan Batu Gong Pada masa lalu sumbawa merupakan kerajaan hindu. Batu gong yang terdapat di desa orong bawa. Merupakan salah satu bukti kerajaan hindu pada jaman hindu.
  • Kuang Busir Mantar ,dua kali dalam setahun, biasanya pada bulan february dan juni di adakan perlombaan balapan/barapan kerbau di seteluk, desa kecil di sumbawa perlombaan ini di adakan sebelum menabur benih padi.
  • Danau lebo Taliwang Tiga kilometer dari taliwang di sebelah barat sumbawa danau taliwang. Merupakan sebuah danau dengan luas 856ha, di penuhi dengan bunga teratai dan ikan air tawar. Banyak pengunjung datang ke sini dengan tujuan untuk memancing ikan air tawar atau sekedar bersenang-senang.
  • Maluk Di sebelah selatan pantai maluk "super suck" merupakan tempat surfing yang sudah terkenal di kalangan pesurfing internasional. Pengunjung juga dapat menikmati lingkungan sekeliling yang menyajikan pemandangan yang indah. Sambil bersantai di pantainya. Di sini terdapat banyak penginapan dan hotel di sekitar maluk.
  • Pantai Poto Batu Terletak di kampung, termasuk wilayah desa jereweh. Pantai poto batu merupakan tempat yang sangat menarik untuk berenang, berlayar atau sekedar rilak/bersantai sambil menikmati keindahan alam sekitarnya.
  • Poto Tano Desa ini terletak di dekat terminal poto tano terdapat rumah rumah tua tradisional yang masih berdiri dan merupakan sisa sisa dari pengaruh bugis yang dapat di temukan di pulau sumbawa. Pada bulan agustus tiap tahun di teluknya yang luas di adakan perlombaan balap sampan yang didekorasi berwarna warni.
  • Sekongkang Beach Merupakan  pantai untuk surfing yang sudah terkenal secara internasional. Sekongkang lebih di kenal sebagai "yoyo's". Tempat memancing yang bagus juga terdapat di sekitar pantai maupun di lautnya. Pantai surfing ini berbentuk karang karang dengan kumpulan bebatuannya menyimpan berbagai variasi hewan laut. Naiklah ke atas bukit anda dapat menyaksikan pemandangan jauh sepanjang pantai yang menarik.
  • Taliwang Dan Jerewah Taliwang merupakan ibu kota kabupaten sumbawa barat. Kota ini berkembang pesat dengan beroperasinya perusahaan tambang tembaga dan emas yaitu PT NEWMONT Nusa Tenggara Barat. Wilayah ini merupakan area pertanian yang penting dengan berbagai tempat yang memiliki kebudayaan dan arkeologi yang menari, garis pantai yang indah menuju jereweh. Di dekatnya terdapat pantai dengan pasir putih yaitu pantai balat, ke barat dari desa goa terdapat pantai ketiga yang sudah terkenal secara internasional "scar reef" yaitu pantai jelenga, di sini terdapat restoran kecil serta penginapan.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

8 komentar

Write komentar
22 Maret, 2014 20:26 delete

aslm.mas bimbi, dimana kita bisa jumpa,,luar biasa menarik isi blognya,,,,,saya tugas di SMKN 1 Seteluk CP. 081915984745 atas Nama Helmy,,,,,,,saya ingin bertukar pikirn dalam rangka mengmbangkan potensi KSB melalui media online.....

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
16 April, 2014 20:36 delete

sebelumnya ! terima kasih sudah berkunjung :)

Reply
avatar
shaves
AUTHOR
10 Juni, 2014 09:43 delete

referensi yg menarik min :)

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
09 Agustus, 2014 17:17 delete

wah mantap referensinya min :)

Reply
avatar
Bimbi Yusmito
AUTHOR
07 Januari, 2015 10:38 delete

hehehhe, terima kasih ya :)

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
07 Januari, 2015 10:43 delete

wah. di sumbawa. ternyata banyak tempat yang dpat dikunjungi bro. mantap ya :)

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
07 Januari, 2015 23:03 delete

benar sekali bro. mari berkunjung :)

Reply
avatar

Berkomentarlah! EmoticonEmoticon