Motif Batik (Tonyong) Kreasi Pelajar SMK Negeri 1 Seteluk

1/24/2014
Potensi wisata danau alami yang ada di Sumbawa Barat ternyata memberikan insipirasi bagi siswa SMKN 1 Seteluk untuk membuat kreasi dalam membatik. SMKN 1 seteluk melalui kompetensi keahlian Busana Butik ingin mengangkat potensi atau sumber daya yang ada di wilayahnya. Danau lebo yang merupakan danau alami yang ada di sumbawa barat diwacanakan akan menjadi salah satu daerah wisata alam di kabupaten sumbawa barat. Oleh karena itu siswa busana butik ini ingin ikut terlibat dalam mengkamapanyekan potensi ini. Adapun langkah yang ditempuh adalah dengan mengangkat objek tonyong sejenis tanaman liar yang tumbuh  memenuhi danau lebo sebagai motif batik yang mereka buat.


Guru dan siswa kompetensi  keahlian Busana Butik ini melakukan praktek membatik sebagai salah satu mata pelajaran muatan lokal. Kegiatan membatik ini merupakan tindak lanjut dari siswa sebelumnya yang telah melakukan praktek kerja lapangan atau magang di Jogjakarta. Selain pemantapan keterampilan menjahit, siswa SMK ini juga dibekali keterampilan membatik sehingga dengan dasar ini diharapkan akan dapat ditumbuh kembangkan dikalangan siswa busana butik lainnya. Hal ini terbukti dengan terampilnya para siswa dalam membuat batik dengan mengangkat potensi daerah sendiri. Hanya saja yang menjadi kendala untuk pengembangan potensi ini di wilayah sumbawa barat adalah masih tidak tersedianya bahan-bahan utama yang digunakan dalam membatik. Jadi para guru atau siswa bisa mendapatkan bahan-bahan yang diperlukan hanya di mataram atau ke daerah jawa.

Namun ini diharapkan tidak menjadi kendala pengembangan kreasi siswa sehingga kedepannya siswa-siswa lulusan SMKN 1 Seteluk bisa menjadi siswa yang kreatif dan memiliki kemampuan bersaing dalam wirausaha sesuai dengan kualifikasi ilmu yang mereka miliki menyongosong persaingan ekonomi yang cukup ketat. Dan pada akhirnya Tujuan Pendidikan Nasional yang ingin menanamkan Pendidikan Ekonomi Kreatif dan Kewirausahaan dalam diri siswa bisa terwujud. (c_ benk vh)



  • Sumber : http://smknsatuseteluk.blogspot.com/

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Berkomentarlah! EmoticonEmoticon